Tracer Study Politeknik Negeri Semarang


Sambutan Pembantu Direktur IV

Dengan semakin meningkatnya kompetisi antar perguruan tinggi di tingkat nasional dan internasional, maka penyelanggaraan pendidikan harus didasarkan pada sistem manajemen mutu yang baik agar menghasilkan lulusan berkarakter baik, memiliki kompetensi tinggi, dan profesional dalam bekerja. Politeknik Negeri Semarang telah menjalankan sistem manajemen mutu dan mendapatkan ISO 9001:2008.
Dalam peraturan perundang-undangan yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa evaluasi terhadap kinerja proses pembelajaran dan kinerja lulusan adalah merupakan keharusan bagi lembaga penyelenggara kegiatan akademik. Dalam sistem manajemen mutu ISO 9001:2008, evaluasi merupakan salah satu elemen penting yang harus dilakukan dan hasilnya digunakan sebagai masukan rangka perbaikan secara terus menerus. Tracer study terhadap kualitas kinerja lulusan maupun keinginan pengguna lulusan merupakan kewajiban Politeknik Negeri Semarang dalam rangka sinkronisasi antara tuntutan jaman dengan proses pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa.
Dengan demikian dinamika perkembangan kebutuhan pengguna selalu dapat dipenuhi oleh Politeknik Negeri Semarang. Politeknik Negeri Semarang mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi alumni dan pengguna lulusan untuk merespon kegiatan tracer study ini. Semoga hubungan baik ini dapat berkelanjutan dalam rangka ikut mewujudkan proses mencerdaskan kehidupan bangsa.

Contact Us

Kirimkan pertanyaan, saran ataupun kritik anda.

Klik Here

Apa Itu Tracer Study ?

Politeknik Negeri Semarang sebagai salah satu insitusi pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang dapat diserap dunia kerja. Dalam memenuhi tuntutan tersebut ada dua isu yang dihadapi yaitu kualitas pendidikan dan relevansi antara kompetensi dengan kebutuhan pasar. Salah satu tahapan kegiatan yang dilakukan dalam rangka mengetahui antara kompetensi dengan kebutuhan pasar adalah Tracer Study. Tracer Study dapat mengukur dan melacak kinerja lulusan sehingga dapat diperoleh indikator yang jelas tentang jumlah, profil kerja masa mendatang serta pelatihan yang diperlukan. Dengan demikian Politeknik Negeri Semarang dapat mempersiapkan isi dan sistem pendidikannya agar lulusan yang dihasilkan dapat beradaptasi dengan dunia kerja. Tujuan utama kegiatan Tracer Study adalah mengidentifikasikan kualitas lulusan Politeknik Negeri Semarang. Secara khusus, kegiatan ini bertujuan untuk:

Dalam kegiatan ini yang menjadi sasaran adalah alumni Politeknik Negeri Semarang baik yang bekerja pada instansi pemerintah, swasta maupun wirausaha.

Kepada seluruh alumni Politeknik Negeri Semarang dimohon untuk mengisi kuisioner yang diberikan kepada alumni secara online. Diharapkan dengan konten ini maka , ada masukan yang bisa digunakan oleh Politeknik Negeri Semarang dalam melangkah ke depan lebih maju. Selama ini tracer study memerlukan dana dan waktu yang tidak sedikit dalam memperoleh data, sehingga dengan perkembangan teknologi informasi seperti saat ini dimungkinkan penggalian masukan dilakukan secara mudah dan cepat dan lebih efisien. Besar harapan kami, alumni dapat mengisi form secara benar.Terima kasih.
>> Form Tracer Study